oleh

Unhas Selenggarakan Seleksi Penerimaan Pegawai Non-PNS Tetap bagi Tenaga Kependidikan

FAJAR, MAKASSAR — Sebanyak 86 Tenaga Kependidikan di Lingkungan Universitas Hasanuddin mengikuti seleksi penerimaan Non-Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS) Tetap yang diselenggarakan oleh Bagian Kepegawaian Unhas. Berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Baruga A.P Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (14/10).

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI), Dra. Rosniati, M.M.,  menyampaikan dalam sambutannya bahwa seleksi penerimaan pegawai Non-PNS Tetap Unhas hadir dengan tujuan untuk peningkatan status kinerja para tenaga kependidikan.

Sejak 2015 Unhas tidak lagi memperoleh formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sehingga, untuk mendukung berbagai target capaian Unhas, diperlukan sumber daya berkualitas dan diisi oleh para pegawai berstatus Non-PNS Tetap. Tenaga Kependidikan maupun Dosen yang berstatus Non-PNS Tetap memiliki hak yang setara dengan PNS.

“Selamat karena telah berhasil melalui tahap pertama dan bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Untuk seleksi penerimaan ini, ada 115 pendaftar. Namun, setelah melalui proses verifikasi administrasi, hanya 86 orang yang berhasil melangkah tahap SKD. Beberapa hal yang menyebabkan pendaftar ada yang tidak lulus karena beberapa berkas administrasi tidak sesuai dengan persyaratan,” jelas Rosniati.

Jumlah soal dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebanyak 100 butir terdiri dari 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), 30 soal TIU (Tes Intelegensia Umum) dan 35 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Untuk setiap soal benar pada TWK dan TIU memiliki skor 5 untuk jawaban benar, 0 untuk jawaban salah atau kosong. Sementara itu, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berbentuk pilihan ganda bernilai 1, 2, 3, 4, atau 5.

Sesuai jadwal, proses seleksi penerimaan Pegawai Non-PNS Tetap lingkup Unhas akan berlangsung hingga Jumat (22/10) dengan beberapa rangkaian tes. Hasil pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar hari ini akan diumumkan pada Jumat (15/10). Peserta yang dinyatakan lolos pada tahapan ini akan melanjutkan serangkaian tes lainnya seperti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dijadwalkan, pengumuman seluruh rangkaian proses seleksi akan berlangsung pada Rabu (27/10) mendatang.(rls/mukhlis)

News Feed