oleh

3.000 Swab Gratis Jelang Tatap Muka di Unhas

FAJAR, MAKASSAR- Universitas Hasanuddin (Unhas) akan kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka. Ada 3.000 swab disiapkan untuk mahasiswa dan dosen.

Keamanan dan kenyamanan para civitas akademika saat beraktivitas di area kampus menjadi perhatian para pemangku kebijakan kampus yang identik berwarna merah itu. Untuk mencegah munculnya klaster, dilakukandeteksi awal melalui swab. Berlangsung sejak Jumat (15/10/2021) hingga hari ini, Sabtu (16/10/2021) jika maih ada pendaftar.

Direktur Akademik Unhas, Ida Leida mengatakan, pendaftaran swab melalui google form, dan jatah swab hanya berlaku bagi mereka yang masuk kualifikasi untuk kembali ke kampus. ” Ini langkah pencegahan awal terbentuknya klaster di kampus kami,” ujarnya.

Swab ini digratiskan, sebab dananya diambil dari kas universitas demi memastikan tidak ada mahasiswa yang akan terbebani. Untuk tenaga medis, ada107 dari fakultas kedokteran dan keperawatan Unhas yang akan melayani 1000 orang setiap harinya.

Saat ini, baru 2.000 peserta yang mendaftar, untuk memenuhi target, pihak universitas akan menambah lagi hari pelaksanaan swab massal jika masih ada mahasiswa dan dosen yang mendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof Muh Restu berharap melalui pelaksanaan swab massal kemarin, kekhawatiran akan timbulnya klaster ketika tatap muka berlangsung dapat terbantahkan. “Melalui swab ini, kami dapat memastikan mahasiswa dan doesn yang akan kembali beraktivitas di kampus benar-benar dalam keadaan sehat,” tutupnya. (*)

Komentar

News Feed