oleh

Semeru Perkuat Penjualan Lewat Daring

FAJAR, MAKASSAR– Pandemi Covid-19 yang melanda hingga saat ini, mendorong transformasi digital secara besar-besaran. Tak heran, jika toko penjualan atau retail memperkuat transaksi melalui market place.

Di Toko Semeru Perintis Kemerdekaan  misalnya, selain membuka cabang baru secara offline, penjualannya juga di dongkrak dengan transaksi daring. Toko dibawa naungan PT Alpine Indo Makmur ini melibatkan lebih dari lima market place.

Head departement Online Semeru Perintis, Sofyan Rauf  mengatakan sebenarnya masa sejak pandemi banyak orang yang tak mau ribet berbelanja. Sehingga mereka lebih memilih untuk belanja lewat market place, ketimbang datang berkerumun dan antre.

“Ini yang coba kami ambil peluangnya. Membuat penjualan lewat market place. Misal di Bukalapak dan Tokopedia itu kata pencariannya “Semeru store Makassar” dan akan muncul semua produk yang kami tawarkan,” ujarnya, Sabtu (6/11/2021)

Meski demikian, lanjut Sofyan, dengan membuka penjualan secara online tentu ada tantangannya. Mulai dari kompetitor dan penawaran yang diberikan lebih kompetitif. 

Terkait untuk promo penjualan online, harga produknya sama, namun selalu mengikuti event yang diikuti oleh market place. 

“Kalau yang laris penjualan online selama pandemi itu pencarian terbanyak itu  di barang elektronik dan barang pecah belah,” tambahnya.

Untuk  pengirimannya, paling lama satu hari barang sudah sampai. Tergantung dari ekspedisi yang dipakai. “Tetapi biasa paling lama tiga hari. Ini dari minimal transaksi Rp1 juta,” lanjutnya.

Duty Manager Semeru Perintis, Deasy Dwi Sandra mengatakan masa pandemi  penjualan offline juga selalu dibuatkan inovasi. Salah satunya itu dengan membuat undian emas batangan dan motor di golden anniversary bagi member. 

“Kami juga Kemudian ada promo-promo potongan hingga Rp1,9 juta di item tertentu misal kulkas atau mesin cuci,” ucapnya. 

Kemudian karena masa pandemi, ada juga memudahkan pembeli member dengan mengantarkan barang yang telah dibeli hingga pengiriman daerah.(wis/lin)

Komentar

News Feed