oleh

Pacu Investasi Kawasan Wisata Bira, PLN Tambah Gardu Induk di Bulukumba

FAJAR, BULUKUMBA — PLN meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di kawasan wisata Bira. Dalam waktu dekat, bangun Gardu Induk (GI) 150kV Tanete di Dusun Buhung Pute, Desa Bulo-bulo.

Manager PLN UPP Sulsel, Rahmat Nichol Fauzen, menyampaikan, sebelumnya, pasokan listrik di kawasan wisata Bira hanya disuplai melalui GI Bulukumba. Namun itu belum maksimal. Demi mendukung pengembangan potensi sektor wisata yang terletak di Gerbang Kawasan Timur Indonesia, PLN terus menambah Gardu Induk.

“Kawasan wisata Bira memiliki banyak potensi pengembangan karena memiliki beberapa pantai yang indah,” ujar Rahmat, Kamis, 18 November.

Dia mengemukakan, kawasan Bira akan menarik sejumlah investor untuk berinvestasi, hal ini terlihat dari pertumbuhan beban kelistrikan dan penambahan jumlah pelanggan di kawasan tersebut.

“Peningkatan keandalan ini juga nantinya tidak hanya akan dirasakan oleh sektor pariwisata Bira, tapi juga berefek positif ke Kabupaten Sinjai.” sebutnya.

Manager PLN Bidang Pengendali Proyek UPP Sulsel, Adrian Djamaludin, menjelaskan, GI 150kV Tanete memiliki kapasitas 30 MVA atau setara dengan 18.000 pelanggan baru. Progres pekerjaan telah memasuki tahap pengujian dan secara over all telah mencapai 95 persen.

“Suplai listrik ke GI ini berasal dari jalur yang telah ada yakni Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Sinjai – Bulukumba.” tambahnya. (tam/dir)

Komentar

News Feed